ANALISIS HUBUNGAN PENGGUNAAN STRATEGI BERSAING DAN KINERJA ORGANISASI PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI KEDIRI

  • AHMAD YANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengungkapkan atau mendiskripsikan variasi persaingan Perguruan Tinggi Swasta (PTS); (2) mengetahui penggunaan Strategi Generik Porter baik yang murni maupun kombinasi yang digunakan untuk membedakan variasi strategi di Perguruan Tinggi Swasta (PTS); (3) mengetahui perbedaan yang nyata antara berbagai kemungkinan kombinasi strategi dengan tingkat kinerja Perguruan Tinggi Swasta (PTS).
Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Perguruan Tinggi Swasta dalam bersaing menggunakan variasi atau berbagai macam strategi. Hal ini dilakukan agar perguruan tinggi swasta tersebut tetap survival dan dapat tetap berjalan atau bertahan hidup; (2) Penggunaan startegi generik Porter di perguruan tinggi swasta dalam bentuk kombinasi lebih banyak dari pada Perguruan tinggi swasta yang menggunakan strategi generik dalam bentuk murni. Hal ini dapat disebabkan karena dalam pengambilan sampel pada penelitian ini lebih besar pada perguraun tinggi swasta yang berbentuk sekolah tinggi kemudian di ikuti oleh akademi, Universitas dan yang terakhir adalah Institut; (3) Perguruan Tinggi swasta yang menggunakan strategi generik dalam bentuk murni (diferensiasi) mempunyai kinerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta yang menggunakan strategi dalam bentuk kombinasi (fokus diferensiasi). Untuk strategi kepemimpinan biaya (strategi murni) kinerjanya lebih rendah dari pada PTS yang menggunakan strategi fokus kepemimpinan biaya rendah (strategi kombinasi). Dengan demikian maka terdapat berbagai variasi kinerja di perguruan tinggi swasta.

Published
2018-04-24
How to Cite
YANI, AHMAD. ANALISIS HUBUNGAN PENGGUNAAN STRATEGI BERSAING DAN KINERJA ORGANISASI PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI KEDIRI. REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 33-50., apr. 2018. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/115>. Date accessed: 21 dec. 2024.