Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Online “TOKOPEDIA”

  • Zainul Arifuddin Magister Manajemen Universitas Islam Kadiri, Kediri
  • Edy Suwasono Magister Manajemen Universitas Islam Kadiri, Kediri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui mengapa rangsangan pemasaran (7P) mendorong konsumen untuk melakukan pembelian secara online di Tokopedia; (2) Mengetahui mengapa karakteristik individu mendorong konsumen untuk melakukan pembelian secara online di Tokopedia; (3) Mengetahui bagaimana proses konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian secara online di Tokopedia.


Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan melalui pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data dengan menggunakan data reduction, data display dan conclusion drawing/verification.


Hasil penelitian menunjukkan: (1) Rangsangan pemasaran yang mendorong konsumen untuk belanja secara online di Tokopedia adalah karena produknya lengkap dan praktis, harga murah, pengiriman cepat dan banyak pilihan, banyak promo menarik, respon penjual baik, review dan foto dapat dilihat, proses cepat dan sesuai harapan.; (2) Karakteristik individu yang mendorong belanja secara online di Tokopedia adalah karena mengikuti trend belanja online, pengaruh dari teman, sibuk, mudah membandingkan harga dan produk, membeli untuk dijual kembali, tidak mengetahui lokasi toko, dan dropship; (3) Keputusan pembelian online untuk pemilihan produk didasarkan pada review, harga murah dan total penjualan. Pemilihan merek didorong oleh loyalitas merek dan jika ada produk yang lebih baik dengan ulasan positif, konsumen akan mencoba membeli dengan merek baru yang memiliki ulasan postif. Pemilihan toko didasarkan pada reputasi/rating toko, kecepatan respon, serta lokasi toko. Waktu pembelian seringkali dilakukan ketika ada promo dari Tokopedia dan tanggal saat penerimaan gaji. Jumlah pembelian mayoritas adalah lebih dari satu, karena untuk menghemat ongkos kirim. Cara pembayaran yang paling umum dilakukan adalah menggunakan virtual account/tranfer, konsumen yang belum memiliki rekening tabungan, bisa melakukan pembayaran melalui Alfamart, indomaret, kantor pos dan kantor JNE.

Published
2020-06-25
How to Cite
ARIFUDDIN, Zainul; SUWASONO, Edy. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Online “TOKOPEDIAâ€. REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 87-91, june 2020. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/1082>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v9i1.1082.