PENGARUH PUPUK PETROBIO DAN SP36 TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TOMAT (Licopersicum esculentum Mill) VARIETAS SERVO

  • Aby Condro A Universitas Islam Kadiri Kediri
  • Supriyono . Universitas Islam Kadiri Kediri

Abstract

Masalah utama dalam meningkatkan produksi tomat adalah tingginya intensitas serangan OPT dan rendahnya ketersediaan unsur hara dalam tanah, utamanya jika tanaman tomat diusahakan di tanah ultisol. Permasalahan lain yang juga menonjol pada tanah ultisol adalah pH rendah, kapasitas tukar kation rendah, kejenuhan basa rendah, kandungan hara seperti N, P, K, Ca dan Mg rendah sehingga mengakibatkan tidak tersedianya unsur hara bagi tanaman. Unsur yang terkandung dalam pupuk SP36 dapat mengganti unsur P yang dibutuhkan untuk tanaman. Penggunaan pupuk hayati Petrobio pada tanaman dapat menambah bakteri atau mikroorganisme dalam tanah sehingga membantu tanaman mendapatkan unsur hara. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk hayati Petrobio dan pupuk SP36 dilaksanakan di Desa Rejoagung, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung mulai bulan Februari sampai April 2016. Penelitian dilaksanakan menggunakan rancangan acak kelompok faktorial dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah pemberian pupuk hayati Petrobio (P) dengan 3 level dosis, yaitu P1 = 40 kg/ha, P2 = 60 kg/ha dan P3 = 80 kg/ha. Faktor kedua adalah pemberian pupuk SP36 (S) dengan 3 leveel dosis, yaitu S1 = 200 kg/ha, S2 = 300 kg/ha serta S3 = 400 kg/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak ada pengaruh interaksi pemberian pupuk Petrobio dan SP36 terhadap pertumbuhan dan produsi tomat varietas Servo; 2) pemberian pupuk Petrobio pada dosis 60 kg/ha menghasilkan keragaan pertumbuhan tanaman tomat paling baik dan produksi paling tinggi; 3) pemberian pupuk SP36 pada dosis 400 kg/ha menghasilkan komponen produksi (jumlah dan bobot buah) paling tinggi.

Published
2018-04-04
How to Cite
A, Aby Condro; ., Supriyono. PENGARUH PUPUK PETROBIO DAN SP36 TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TOMAT (Licopersicum esculentum Mill) VARIETAS SERVO. Jurnal Ilmiah Hijau Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1 - 7, apr. 2018. ISSN 2548-9372. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/HijauCendekia/article/view/98>. Date accessed: 22 june 2021.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times