Strategi Pemasaran Benih Tanaman Hortikultura Di PT Wira Agro Nusantara Sejahtera
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dan menganalisis bauran pemasaran di PT.Wiranusa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di PT Wiranusa di kelurahan Pare, kecamatan Pare Kabupaten Kediri Jawa Timur. Responden dalam penelitian ini adalah Owner PT Wira Nusa , Karyawan bagian Produksi dan Karyawan bagian Pemasaran. untuk reponden pelanggan yaitu salah satu pelanggan tetap dengan jumlah pembelian terbanyak, dan salah satu responden yang menjadi pelanggan untuk dikemas dan diberikan merk perusahaan sendiri. Analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu SWOT dan marketing mix. Analisis SWOT yaitu sebuah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Strenghts, Weakness, Opportunities dan ThreathSedangkan marketing mix merupakan paduan pemasaran yang digunakan oleh suatu perusahaan dalam mencapai tujuan pemasarannya. Strategi yang seharusnya digunakan yaitu strategi S,O yang mana luas bidang koordinat paling luas yaitu: 1.Memperbanyak penemuan hasil penelitian benih unggul dari berbagai varietas pada masing-masing komoditas, 2. Memperluas, mengembangkan dan menjaga komitmen petani mitra, 3. Memenuhi target permintaan pasar dengan menambah jumlah kapasitas produksi. Segmenting pasar meliputi Distributor (R0), Dealer (R1), Agen (R2) dan Pengecer (R3) dengan pilihan kemasan maupun curah. Targeting meliputi selutuh petani sayuran di Indonesia menggunakan benih dari PT Wira Agro Nusa dan positioningnya yaitu Inovasi produk benih yang tiada henti dalam memproduksi benih unggul. Disarankan agar perusahaan membuat web yang mengintegrasikan informasi dan pemasaran dan Perusahaan agar meningkatkan asset pembiayaan agar dapat ememnuhi kapasitas produksi yang diminta pasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution License