PENGARUH DOSIS PUPUK HAYATI SINAR BIO DAN JENIS VARIETAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays L. Saccharata.)

  • Abu Talkah Universitas Islam Kadiri
  • Mihtakhu Rozak Efendi Universitas Islam Kadiri
  • Tri Handayani Universitas Islam Kadiri

Abstract

Kebutuhan jagung manis terus meningkat seiring bertambah nya penduduk dan bertambahnya olahan makanan yang berbahan dasar jagung manis. Di Indonesia hasil jagung manis tergolong redah yaitu 3,5 ton/ha, sedangkan potensi produksi jagung manis saat ini mencapai 8,31 ton/ha. Untuk memenuhi kebutuhan jagung manis di kalangan masyarakat yang terus meningkat, maka perlu solusi dari sistem budidaya yang efektif dengan memanfaatkan pupuk organik, sehingga kita mendapatkan produk yang sehat, aman bagi kesehatan masyarakat serta lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pertumbuhan dan produksi dari beberapa jenis varietas tanaman jagung manis (Zea mays L. saccharata.) yang dipupuk menggunakan Pupuk Sinar Bio. Pada penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) factorial. Parameter vegetatif pengamatan meliputi tinggi tanaman, diameter batang, dan jumlah daun.  Sementara parameter panen meliputi Panjang tongkol per tanaman (cm), Berat tongkol per tanaman (kg/gram), Analisa Kadar Gula (%). Dari hasil penelitian Tidak terjadi pengaruh  interaksi terhadap perlakuan dosis pupuk hayati Sinar bio dan jenis varietas terhadap variabel pengamatan tinggi tananaman, jumlah daun, jumlah anakan, berat jagung berkelobot dan berat jagung tanpa kelobot pada tanaman jagung manis

Published
2018-11-13
How to Cite
TALKAH, Abu; EFENDI, Mihtakhu Rozak; HANDAYANI, Tri. PENGARUH DOSIS PUPUK HAYATI SINAR BIO DAN JENIS VARIETAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays L. Saccharata.). Jurnal Ilmiah Hijau Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 35-41, nov. 2018. ISSN 2548-9372. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/HijauCendekia/article/view/279>. Date accessed: 17 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.32503/hijau.v3i2.279.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times