PENGARUH DOSIS PUPUK HAYATI DAN PUPUK FOSFAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KEDELAI EDAMAME (Glycine max (L.) Merill.) VARIETAS RYOKKOH 75

  • Mohammad Imam Nawawi
  • Nur Fitriyah
  • Wasito Wasito

Abstract

Kedelai edamame” termasuk spesies Glycine max L. untuk meningkatkan produksi makanan yang baik untuk kesehatan serta memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, maka perlu penggunaa pupuk hayati dan pupuk fosfat terhadap pertumbuhan dan droduksi tanaman kedelai edamame. Penelitian dilakukan Pelaksanaan penelitian ini dimulai pada Januari sampai dengan April 2017 di lahan sawah di Desa Toyoresmi, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri jenis tanah regosol dengan ketinggian tempat 102 m dpl dengan pH tanah awal 4,5 menjadi 6,2. Penelitian Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) yang dilakukan secara faktorial, yang terdiri dari dua faktor dan dengan tiga ulangan. Hasil Penelitian menunjukkan Pada kombinasi perlakuan pemberian dosis pupuk hayati dan pupuk fosfat  terjadi interaksi yang  nyata antar perlakuan dosis pupuk hayati dan pupuk fosfat terhadap variabel pengamatan berat biji / tanaman dan berat 100 biji yaitu pada perlakuan pupuk H2F3 yaitu dengan dosis pupuk hayati 75 kg / ha dan dosis pupuk fosfat 100 kg/ha.

Published
2018-11-07
How to Cite
NAWAWI, Mohammad Imam; FITRIYAH, Nur; WASITO, Wasito. PENGARUH DOSIS PUPUK HAYATI DAN PUPUK FOSFAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KEDELAI EDAMAME (Glycine max (L.) Merill.) VARIETAS RYOKKOH 75. Jurnal Ilmiah Hijau Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1-14, nov. 2018. ISSN 2548-9372. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/HijauCendekia/article/view/272>. Date accessed: 17 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.32503/hijau.v3i2.272.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times