PENGARUH PEMBERIAN KAPUR DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) PADA TANAH PODSOLIK MERAH KUNING

  • Petrus Boni Magister Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura
  • Tris Haris Ramadhan Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Tatang Abdurrahman Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Pontianak

Abstract

Lahan kering PMK akan mampu menyediakan air dan hara yang cukup bagi tanaman bila ada perbaikan pada struktur dan kimia tanah. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari dan mengetahui interaksi pengaruh pemberian kapur dan pupuk NPK terhadap pertumbuhan dan hasil jagung di lahan kering serta diperolehnya dosis kapur dan pupuk NPK yang tepat  dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil jagung di lahan kering. Penelitian dilaksanakan di Desa Amboyo Inti, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Waktu pelaksanaan penelitian pada bulan Februari 2020 – Juni 2020. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen lapangan dengan pola Rancangan Acak Kelompok Faktorial yang terdiri dari 2 faktor dengan 3 ulangan. Faktor  pertama adalah dosis kapur (K) sebanyak 3 taraf yaitu 1 ton/ha, 2 ton/ha dan 3 ton/ha dan faktor kedua adalah dosis pupuk NPK (P) sebanyak 3 taraf yaitu 175 kg/ha, 350 kg/ha dan 525 kg/ha.  Pengamatan tanaman meliputi 1). komponen pertumbuhan seperti tinggi tanaman, luas daun, indeks luas daun, laju pertumbuhan tanaman, 2). Komponen hasil meliputi indeks panen, bobot 100 biji , Panjang tongkol dan bobot kering biji jagung per petak. Komponen pertumbuhan yaitu tinggi tanaman, luas daun, indeks luas daun, laju pertumbuhan tanaman terjadi interaksi antara perlakuan dosis kapur dan dosis pupuk NPK. Komponen pertumbuhan generatif perlakuan kapur dan dosis NPK terjadi interaksi pada variabel bobot biji per petak dan bobot biji per tanaman sedangkan panjang tongkol, bobot 100 biji dan indeks panen tidak terjadi interaksi. Perlakuan dosis kapur 2 ton/ha dengan kombinasi pupuk NPK 350 kg/ha memberikan hasil tertinggi terhadap bobot biji kering jagung per petak sebesar 2139,67 gram.  


 


Kata Kunci : Kapur, NPK, Jagung, Podsolik Merah Kuning

Published
2020-11-23
How to Cite
BONI, Petrus; RAMADHAN, Tris Haris; ABDURRAHMAN, Tatang. PENGARUH PEMBERIAN KAPUR DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) PADA TANAH PODSOLIK MERAH KUNING. Jurnal Ilmiah Hijau Cendekia, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 66-73, nov. 2020. ISSN 2548-9372. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/HijauCendekia/article/view/1144>. Date accessed: 03 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.32503/hijau.v5i2.1144.
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times