PENGARUH DOSIS PUPUK ORGANIK MASHITAM DAN JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) VARIETAS VIMA-2

  • Yuliana Fatkul Rohmah Universitas Islam Kadiri Kadiri
  • Tarwa Mustofa Universitas Islam Kadiri Kadiri

Abstract

Tanaman kacang hijau merupakan tanaman potensial di Indonesia. Salah satu cara untuk meningkatkan produksi kacang hijau yaitu dengan perbaikan teknik budidaya yang tepat dan penambahan nutrisi tanaman kacang hijau. Salah satu teknik budidaya yaitu pengaturan jarak tanam tanaman kacang hijau dan penggunaan pupuk Mashitam yang mengandung unsur hara makro (N, P, K, MgO) dan HA (Humic Acid) yang sangat diperlukan dalam pertumbuhan tanaman. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya interaksi dosis pupuk organik Mashitam dan jarak tanam terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kacang hijau (Vigna radiata L.) varietas Vima-2. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Karangrejo, Kec. Boyolangu, Kab. Tulungagung. Penelitian dilakukan mulai bulan Pebruari sampai dengan bulan April 2017di lahan sawah dengan tekstur tanah lempung berpasir, dengan suhu harian 35˚C, ketinggian tempat 158mdpl.Penelitian ini dilakukan di lahan sawah dengan menggunakan metode RAK (Rancangan Acak Kelompok) faktorial. Hasil Penelitian menunjukkan pengaruh dosis pupuk organik mashitam dan jarak tanam pada tanaman kacang hijau berpengaruh pada pengamatan tinggi tanaman, jumlah polong pertanaman, jumlah biji pertanaman, bobot biji pertanaman, dan bobot 100 biji.

Published
2018-04-04
How to Cite
ROHMAH, Yuliana Fatkul; MUSTOFA, Tarwa. PENGARUH DOSIS PUPUK ORGANIK MASHITAM DAN JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) VARIETAS VIMA-2. Jurnal Ilmiah Hijau Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 90 - 101, apr. 2018. ISSN 2548-9372. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/HijauCendekia/article/view/111>. Date accessed: 22 june 2021.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times