PENGARUH DOSIS PUPUK HAYATI PETROBIO DAN PUPUK NPK MUTIARA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays varietas saccharata Sturt.) VARIETAS TALENTA

  • Triyono Bagus Prakoso Universitas Islam Kadiri Kadiri
  • Tri Handayani Universitas Islam Kadiri Kadiri

Abstract

Pemupukan pada tanaman merupakan hal paling penting untuk menunjang pertumbuhan vegetatif maupun generatif. Baik menggunakan pupuk organik maupun pupuk anorganik.Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh interaksi pupuk hayati petrobio dan NPK Mutiaraterhadap pertumbuhan dan produksi jagung manis (Zea mays saccharata Sturt.) dan menentukan dosis yang tepat untuk jagung varietas talenta. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan maret sampai dengan mei 2016. Bertempat di desa Kemloko Legi, Kec. Baron, Kab. Nganjuk. Jenis tanah aluvial dengan tekstur lempung berpasir, ketinggian tempat 150 m dpl, pH tanah 6,2. Penelitian menggunakan rancangan acak kelompok dengan sembilan kombinasi perlakuan, masing-masing perlakuan diulang tiga kali.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi pupuk hayati petrobio dan NPK mutiara berpengaruh terhadap jagung manis yaitu pada kombinasi pupuk hayati petrobio 100 kg/Ha dengan NPK Mutiara 350 Kg/Ha dibanding kombinasi pupuk yang lainnya.

Published
2018-04-04
How to Cite
PRAKOSO, Triyono Bagus; HANDAYANI, Tri. PENGARUH DOSIS PUPUK HAYATI PETROBIO DAN PUPUK NPK MUTIARA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays varietas saccharata Sturt.) VARIETAS TALENTA. Jurnal Ilmiah Hijau Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 73 - 82, apr. 2018. ISSN 2548-9372. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/HijauCendekia/article/view/109>. Date accessed: 22 june 2021.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times