PENGARUH SISTEM TANAM SINGLE ROW DOUBLE ROW DAN DOSIS NPK MUTIARA TERHADAP PERTUMBUHAN SERTA PRODUKSI TERONG UNGU (Solanum melongena L.) VARIETAS ANTABOGA-1

  • Rony Hartoyo Universitas Islam Kadiri Kadiri
  • Darul Anwar Universitas Islam Kadiri Kadiri

Abstract

Kebutuhan tanaman terong sangat tinggi di Indonesia sehingga perlu pengembangan budidaya tanaman terong yang tepat untuk menunjang kebutuhan pasar domestik. Salah satunya dengan menggunakan sistem tanam single row, double row dan pemupukkan yang efektif dalam menunjang pertumbuhan dan produksi tanaman terong ungu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui interaksi sistem tanam Single Row, Double Row dan Dosis NPK Mutiara terhadap Pertumbuhan serta Produksi Terong Ungu (Solanum Melongena L ) Varietas Antaboga-1. Penelitian telah dilakukan mulai bulan Maret sampai dengan Mei 2017 bertempat di lahan persawahan dusun Sambi Jajar, desa Kwagean, Kec. Loceret, Kabupaten Nganjuk, dengan ketinggian tempat ± 150 m dpl. pH tanah ratarata 5,5. Jenis tanah lempung berpasir. Penelitian ini telah dilakukan mulai bulan Desember 2016 sampai dengan Maret 2017. Penelitian menggunakan rancangan acak kelompok faktorial sehingga menghasilkan enam perlakuan, masing-masing perlakuan diulang sebanyak tiga kali.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakansistem tanam single dan double row maupun kombinasi sistem tanam dan pengaturan dosis pupuk NPK berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman terong ungu.

Published
2018-04-04
How to Cite
HARTOYO, Rony; ANWAR, Darul. PENGARUH SISTEM TANAM SINGLE ROW DOUBLE ROW DAN DOSIS NPK MUTIARA TERHADAP PERTUMBUHAN SERTA PRODUKSI TERONG UNGU (Solanum melongena L.) VARIETAS ANTABOGA-1. Jurnal Ilmiah Hijau Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 64 - 72, apr. 2018. ISSN 2548-9372. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/HijauCendekia/article/view/108>. Date accessed: 22 june 2021.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times