PENGARUH UMUR BIBIT DAN KOMPOS SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TOMAT ( Solanum lycopersicum L.) VARIETAS TIMOTY

  • Nunung Megawati Universitas Islam Kadiri Kadiri
  • Wasito . Universitas Islam Kadiri Kadiri

Abstract

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran multi guna, dimana permintaannya dari waktu cenderung meningkat. Trend kebutuhan tomat yang terus meningkat harus diimbangi dengan peningkatan produksinya. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam rangka peningkatan produksi tomat, diantaranya penggunaan bibit dan pupuk yang tepat. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh umur bibit dan kompos sapi terhadap pertumbuhan dan produksi tomat, dilakukan di Desa Nglawak, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk mulai bulan Februari sampai Mei 2017. Peneltian dilaksanakan dengan menggunakan rancangan acak kelompok faktorial dan 3 ulangan. Faktor pertama adalah umur bibit (B) terdiri dari 3 level, yaitu B1 : umur bibit 10 hari, B2 : umur bibit 15 hari, dan B3 : umur bibit 30 hari. Sedangkan faktor kedua adalah dosis kompos sapi (K) terdiri dari 3 level, yaitu K1 : 10 ton/ha, K2 : 20 ton/ha, serta K3 : 30 ton/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur bibit dan dosis kompos sapi berpengaruh terhadap komponen pertumbuhan tomat, yaitu tinggi tanam, jumlah daun dan diamater batang. Sedangkan interaksi keduanya tidak berpengaruh terhadap komponen pertumbuhan. Sebaliknya interaksi umur bibit dan dosis kompos sapi berpengaruh terhadap komponen produksi, yaitu jumlah buah dan bobot buah tomat. Ada kecenderungan semakin tua umur bibit yang diikuti dengan meningkatnya dosis kompos sapi, jumlah buah dan bobot buah tomat semakin menurun.

Published
2018-04-04
How to Cite
MEGAWATI, Nunung; ., Wasito. PENGARUH UMUR BIBIT DAN KOMPOS SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TOMAT ( Solanum lycopersicum L.) VARIETAS TIMOTY. Jurnal Ilmiah Hijau Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 46 - 49, apr. 2018. ISSN 2548-9372. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/HijauCendekia/article/view/105>. Date accessed: 22 june 2021.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times