PENGARUH MACAM PUPUK KANDANG DAN DOSIS PUPUK NPK MUTIARA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG PANJANG (Vigna sinensis L.) VARIETAS AURA HIJAU

  • Mamat Susilo Universitas Islam Kadiri Kadiri
  • Sumarji . Universitas Islam Kadiri Kadiri

Abstract

Kacang panjang sebagai salah satu jenis dari sayur-sayuran dapat menjadi pilihan yang mudah untuk sebagian masyarakat. Produktivitas kacang panjang dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti syarat tumbuh, pengolahan lahan, pemupukan dan yang tidak kalah pentingya harga di pasaran. Harga menentukan minat petani dalam memilih komoditas yang akan ditanam. Penelitian menggunakan percobaan faktorial yang dirancang dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), meliputi 2 faktor yang diulang 3 kali : Faktor 1 adalah dosis pupuk kimia :D₀= tanpa pemupukan kimia, D₁= 225 kg/Ha, D₂= 450 kg/Ha. Faktor 2 adalah macam pupuk dasar dengan dosis 15 ton/ha: K₀= tanpa pupuk kandang, K₁=pupuk kandang ayam , K₂= pupuk kandang kambing. Berdasarkan penelitian tidak terjadi interaksi antara macam pupuk kandang dan dosis pupuk npk mutiara terhadap pertumbuhan dan hasil kacang panjang (Vigna sinensis L.). Perlakuan tunggal dosis pupuk kimia berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan yaitupada tinggi tanaman umur 14 dan 21 hst, dan jumlah daun umur 21 hst, tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah, berat dan panjang polong.

Published
2018-04-04
How to Cite
SUSILO, Mamat; ., Sumarji. PENGARUH MACAM PUPUK KANDANG DAN DOSIS PUPUK NPK MUTIARA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG PANJANG (Vigna sinensis L.) VARIETAS AURA HIJAU. Jurnal Ilmiah Hijau Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 41 - 45, apr. 2018. ISSN 2548-9372. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/HijauCendekia/article/view/104>. Date accessed: 22 june 2021.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times