PENGARUH DOSIS PUPUK NPK PONSKA DAN PUPUK ORGANIK SEMANGGI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS ( Zea mays saccaharata L) VARIETAS TALENT

  • Mochammad Saiful Anam Universitas Islam Kadiri
  • Pamuji Setyo Utama Universitas Islam Kadiri
  • Nunuk Helilusiatiningsih Universitas Islam Kadiri

Abstract

Jagung manis merupakan komoditas yang potensi di Indonesia karena rasanya manis dan mudah ditanam serta mengandung komponen gizi yang tinggi. Budidaya jagung manis memiliki peluang bisnis yang menguntungkan jika diupayakan secara efektif dan efisien. Penelitian bertujuan untuk mempelajari dan mengevaluasi pengaruh interaksi perlakuan dosis pupuk NPK Ponska dan pupuk organik semanggi terhadap pertumbhan dan produksi jagung manis ( Zea mays saccaharata L) varietas Talenta. Metode penelitian menggunakan rancangan acak kelompok secara faktorial yang diulang 3 kali. Faktor ke 1 adalah dosis pupuk NPK ponska dengan 3 level yaitu 100 kg/Ha, 200 kg/Ha, 300 kg/Ha. Faktor yang ke 2 adalah dosis pupuk semanggi dengan 3 level yaiu 200kg/Ha, 250 kg/Ha, 300 kg/Ha. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada interaksi terhadap kombinasi perlakuan dosis pupuk NPK Ponska dan pupuk organik semanggi terhadap pertumbuhan dan produksi jagung manis varietas Talenta. Pada perlakuan tunggal pupuk organik semanggi dengan dosis 300 kg/Ha terdapat pengaruh yang nyata terhadap tinggi tanaman dan jumah daun pada umur tanam 25, 32, dan 39 hst serta berpengaruh nyata pada panjang tongkol  dan berat tongkol umur 72 hst. Pada perlakuan tunggal dosis pupuk NPK Ponska tidak ada pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis varietas Talenta.

Published
2020-11-04
How to Cite
ANAM, Mochammad Saiful; UTAMA, Pamuji Setyo; HELILUSIATININGSIH, Nunuk. PENGARUH DOSIS PUPUK NPK PONSKA DAN PUPUK ORGANIK SEMANGGI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS ( Zea mays saccaharata L) VARIETAS TALENT. Jurnal Ilmiah Hijau Cendekia, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 55-60, nov. 2020. ISSN 2548-9372. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/HijauCendekia/article/view/1021>. Date accessed: 03 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.32503/hijau.v5i2.1021.
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times