TY - JOUR AU - Widayat, Widayat PY - 2019/08/20 TI - MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ASAM DAN BASA MENGGUNAKAN MULTI METODE PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 KEDIRI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017 JF - LENTERA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran; Vol 9 No 4 (2019): LENTERA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran KW - N2 - Salah satu metode pembelajaran untuk membangkitkan apa yang siswa pelajari adalah Multi metode yaitu integrasi beberapa metode dan beberapa pendekatan pembelajaran yang dikemas menjadi paket metode pembelajaran yang tepat dalam menyajikan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, menarik dan menyenangkan, serta meperhatikan modalitas anak sehingga anak akan memiliki daya serap dan daya ingat yang tinggi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Kediri, Kota Kediri Semester II tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah sebanyak 35 siswa. Prosedur penelitian ini menggunakan pengumpulan data, teknik pengamatan dan teknik lapangan, teknik wawancara, studi dokumentasi. Analisis datan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi, interpretasi, inferensi, tahap tindak lanjut dan pengambilan keputusan. Hasil yang didapatkan adalah rata rata motivasi siswa pada siklus I adalah 74,88%,meningkat 2,87% pada siklus II 77,75% dan meningkat lagi 3,17% pada siklus III menjadi 80,92% yang menandakan bahwa metode yang digunakan mendapat hasil yang positif. Selain itu untuk hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebesar 48,57%, pada siklus II meningkat menjadi 74,28% dan meningkat kembali pada siklus III menjadi 88,57%. Berdasarkan hasil penelitian ini dinyatakan bahwa peningkatan motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa berhasil ditingkatkan. Saran yang diberikan setelah penelitian selesai adalah guru hendaknya menggunakan multi metode, dengan media visual dalam pembelajaran UR - https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Lentera/article/view/966